Hallo teman-teman senasib seperjuangan, ijinkan saya berbagi secuil praktik baik yang sudah kami lakukan didalam kelas bersama dengan peserta didik tercinta. Semoga dapat bermanfaat menambah referensi bagi teman-teman.
Kegiatan Rutin Praktik Baik yang telah kami lakukan adalah pembiasaan pagi yaitu, :
- mengaji tiga ayat secara bergantian, saling menyimak dan menkoreksi bacaan teman yang sedang mengaji,
- berdoa bersama,
- menyanyikan lagu indonesia raya secara bersama, di pimpin oleh peserta didik sebagai dirigen, hal ini dilakukan secara bergantian atau bergilir,
- kemudian mengucapkan pancasila dilakukan oleh dirigen diikuti oleh seluruh peserta didik di kelas dan yang terakhir melaksanakan
- Mindfullness yaitu berlatih bernafas dengan kesedaran penuh, disini kini memperhatikan dan mendengarkan suara nafas yang dihirup dan suara nafas yang di hembuskan, mensyukuri semua yang Allah berikan
Kemudian bentuk pembelajaran yang kami lakukan adalah menggunakan strategi home room dengan mensetting tempat duduk berbentuk setengah U , peserta didik duduk dengan jarak sesuai protokel kesehatan, kegiatan yang kami lakukan di kelas diadopsi dari kegiatan konseling kelompok, dimana konselor bertindak sebagai fasilitator dan juga leader untuk proses belajar, hal yang diadopsi adalah tahapan bimbingan kelompok dan kesepakatan bersama untuk saling menghargai perbedaan, sportif, belajar mengeluarkan pendapat (yang dipikirkan atau yang dismrasakan), menjadi pendengar aktif, berempati, bersifat sukarela. dengan dicampur sedikit sentuhan games jika melihat peserta didik kurang bersemangat atau merasa bosan.
Karena kerjasama dengan mitra Sekolah kita mempelajari tentang kesehatan mental, cita-cita dan kesehatan reproduksi dalam buku modul, maka kami mempersilahkan peserta didik memilih mana topik yang sangat urgen atau penting menjadi prioritas untuk dipelajari terlebih dahulu.
Setelah menemukan topik yang paling banyak disukai atau dipilih peserta didik, maka konselor mempersilahkan peserta didik membaca satu paragraf isi materi, kemudian konselor akan mempersilahkan peserta didik bertanya atau menanggapi atau berbagi pengalaman dan cerita, setelah itu konselor memberikan penjelasan tambahan.
Diakhir kegiatan, konselor meminta peserta didik menuliskan hal baru apa yang dipelajari dan berkesan bagi peserta didik, apa kesimpulan yang dipetik atau dipelajari oleh peserta didik.
Konselor juga memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanya mengevaluasi apa yang sudah berjalan dengan baik dan apa yang kurang dipahami. Hasilnya Alhamdulillah respon peserta didik amat positif, berikut dokumentasi skreen shoot dan foto yang penulis ambil dari kelas konseling.
Hal positif dari kegitan belajar di kelas ini adalah, membuat peserta didik yang tadinya diam membisu menjadi berani aktif berbicara serta tumbuh rasa percaya diri dari diri mereka. Mereka merasa nyaman berbicara mengeluarkan apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka rasakan. walau terkadang hal ini tidak di sadari oleh peserta didik. Mereka merasa seperti bermain, tidak belajar padahal mereka sedang belajar
Komentar
Posting Komentar